header
Pelaporan dan Program PDF Print E-mail

Bidang Program dan Pelaporan mempunyai tugas melakukan kegiatan penyusunan program kerja tahunan, jangka menengah dan jangka panjang, penelitian, pengkajian, pengembangan, data, informasi, penyuluhan sosial, pemantauan, evaluasi, dan pelaporan kegiatan pelaksanaan kesejahteraan sosial.

Bidang Program dan Pelaporan Mempunyai 3 (tiga) Seksi :

  1. Seksi Data dan Infromasi
  2. Seksi Penyusunan Program
  3. Seksi Pemantauan, Evaluasi dan Pelaporan

Tugas Masing-Masing Seksi Antara Lain :

  1. Seksi Data dan Informasi
  • Membuat rencana Kerja Berdasarkan Peraturan yang berlaku untuk pedoman pelaksaan tugas;
  • Memberi tugas  kepada bawahan sesuai bidang masing-masing agar memahami tugasnya;
  • Menberi petunjuk kepada bawahan berdasarkan pembagian tugas agar pelaksanaannya berjalan lancar.
  • Mengkoordinasikan dan mengevaluasi pelaksanaan pekerja bawahan dan mengecek hasilnya secara langsung atau melalui laporan untuk mengetahui kelancaran serta hambatan yang terjadi.
  • Menbina dan memotivasi bawahan dalam upaya peningkatan produktivitas kerja dan pengembangan karier.
  • Melaksanakan pengumpulan data PMKS dan PSKS, penyaji data, dan menyiapkan Instrumen data.
  • Menyusun rencana anggaran yang bersumber dari APBD, APBN dan sumber-sumber lainnya.
  • Melaksanakan penelitian, pengkajian, pengumpulan data dan pengembangan pelayanan kesejahteraan sosial.
  • Menyiapkan data dan informasi di bidang pelaksanaan kesejahteraan sosial, pemantauan, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan kesejahteraan sosial.
  • Menyusun rencana strategis, laporan akuntabilitas kinerja san rencana kinerja Dinas Sosial.
  • Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.
  • Membuat laporan pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai bahan masukan dan sebagai bahan penyusunan program selanjutnya. 
  • Membuat Rencana Kerja Berdasarkan Peraturan yang berlaku untuk pedoman pelaksaan tugas;

   2.   Seksi Penyusunan Program

  • Membuat rencana Kerja Berdasarkan Peraturan yang berlaku untuk pedoman pelaksaan tugas;
  • Memberi tugas  kepada bawahan sesuai bidang masing-masing agar memahami tugasnya;
  • Menberi petunjuk kepada bawahan berdasarkan pembagian tugas agar pelaksanaannya berjalan lancar.
  • Mengkoordinasikan dan mengevaluasi pelaksanaan pekerja bawahan dan mengecek hasilnya secara langsung atau melalui laporan untuk mengetahui kelancaran serta hambatan yang terjadi.
  • Menbina dan memotivasi bawahan dalam upaya peningkatan produktivitas kerja dan pengembangan karier.
  • Melaksanakan dan menyiapkan bahan, perumusan 
  • Melaksanakan dan menyiapkan bahan,perumusan dan penyusunan program dibidang kesejahteraan sosial;
  • Melaksanakan inventarisir dan organisir proses penyusunan program dibidang pembangunan kesejateraan sosial;
  • Melakukan Perumusan hasi-hasil dan keputusan yang telah disepakati oleh pimpinan sebagai suatu kebijakan;
  • Menyiapkan bahan-bahan untuk pimpinan sebagai bahan rapat interen dan exteren organisasi;
  • Melakukan monitoring dan evaluasi dalam proses penyusunan program dibidang kesejahteraan sosial;
  • Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lainnya yang diberikan atasan;
  • Membuat laporan pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai bahan masukan dan sebagai bahan penyusunan program selanjutnya;
  • Menyusun kebijakan penyusunan program dibidang kesejateraan sosial;

  3.     Seksi Pemantauan Evaluasi dan Pelaporan

  • Membuat rencana Kerja Berdasarkan Peraturan yang berlaku untuk pedoman pelaksaan tugas;
  • Memberi tugas  kepada bawahan sesuai bidang masing-masing agar memahami tugasnya;
  • Menberi petunjuk kepada bawahan berdasarkan pembagian tugas agar pelaksanaannya berjalan lancar.
  • Mengkoordinasikan dan mengevaluasi pelaksanaan pekerja bawahan dan mengecek hasilnya secara langsung atau melalui laporan untuk mengetahui kelancaran serta hambatan yang terjadi.
  • Menbina dan memotivasi bawahan dalam upaya peningkatan produktivitas kerja dan pengembangan karier;
  • Menyusun kebijakan evaluasi dan pengawasan dan pelaporan dibidang pembagunan kesejahteraan sosial;
  • Melaksanakan pemantauan, Evaluasi, Penyusunan laporan akuntabilitas kinerja dan rencana kinerja Dinas Sosial Provinsi Aceh;
  • Melaksanakan proses laporan kegiatan pembangunan bidang kesejahteraan sosial;
  • Melaksanakan inventarisir dan organisir kegiatan evaluasi, pengawasan dan pelaporan;
  • Melaksanakan dan menyususn instrumen-intrumen evaluasi, pengawasan dan pelaporan;
  • Mengkoordinir kegiatan-kegiatan petugas pengumpulan dan pengolahan data pengendalian dan evaluasi;
  • Melakukan evaluasi kegiatan bidang kesejahteraan sosial dan pemantau pelaksanaan program yang bersumber dari APBD dan APBA;
  • Menyusun laporan Bulanan dan Tahunan dibidang kesejahteraan sosial;
  • Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lainnya yang diberikan atasan;
  • Membuat laporan pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai bahan masukan dan sebagai bahan penyusunan program selanjutnya;
Last Updated on Thursday, 07 January 2010 05:36
 

Website Negara Republik Indonesia
Website Departemen Dalam Negeri Republik Indonesia
Website Departemen Sosial Republik Indonesia
Website Departemen Komunikasi dan Informasi
Website Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam
jajak pendapat

Apakah anda setuju tidak memberi uang untuk para peminta-minta?

(1075 votes)

Please wait...

Copyright © 2009-2014. All rights reserved.